BOROBUDUR MARATHON 2023, VIRGIN HM

Selain Siksorogo, Borobudur Marathon (BorMar) salah satu event lari yang saya ingin ikuti. Beberapa event lari bahkan sudah sering saya dengar dan simak sebelum saya benar benar ikut lari. BorMar 2023 hampir saya lewatkan, kalau tidak pas kumpul MNR mungkin saya akan menyesal tahun ini hehehe...

H-7

Seminggu sebelum race, agenda saya full di acara HAB Kemenag. Rencana latihan sebelum race jadi berantakan, tapi beberapa akhirnya saya "paksakan" di sela-sela kegiatan tersebut. Alhandulillah, masih dapat targetnya.

H-1

Bahkan sehari sebelum acara, saya masih mengerjakan kegiatan HAB Kemenag. Alhamdulillah selesai tepat waktu, beres beres perlengkapan untuk race juga sudah selesai (dibantu istri tentunya). Berangkat bareng bareng tim "Studi Tour Borobudur Marathon Madiun Runners" pukul 9 pagi, sampai RPC pukul 12 . Entah karena weekend atau memang karena ada acara Borobudur Marathon, sepanjang jalan masuk ke kota Magelang, dan terutama Artos (tempat pengambilan RPC) macet. 

SUASANA PENGAMBILAN RPC
https://www.kompas.id/baca/riset/2023/11/18/borobudur-marathon-2023-semangat-berlari-untuk-mencintai-negeri

FYI tentang Magelang, saya punya banyak cerita di sana, 10 tahun yang lalu. Saya pernah 1 tahun lebih bekerja di salah satu Karoseri Besar disana, yang kebetulan tempat RPCnya (Artos) adalah salah satu usaha pemiliknya. Selama di Magelang, kami menginap di salah satu teman Pak Wid (member Madiun Runners), pak Agus yang kebetulan juga pelari dan coach.



HARI H & RUTE

Datang sekitar pukul 03.30 pagi atau sebelum sholat Subuh adalah waktu tepat. Karena sudah banyak kendaraan yang mengakut peserta lari atau para pendamping. Apalagi BorMar memang terbuka untuk umum setelah semua kategori selesai start. Setelah sholat Subuh, kategori FM sudah siap di Start Gate, mas Idris dan Aby yang ikut sudah dari awal bersiap. Sebagian besar termasuk saya, ambil HM dan 10K. 
Setelah FM berangkat, 30 menit disusul peserta kategori HM. Saya dan beberapa teman yang ikut HM berada di belakang, perkiraan 3 menit dari waktu start gate.
Di awal lari, sekitar 1 KM di dalam area Candi Borobudur. Sudah banyak cheering yang menyambut, ternyata ini yang banyak dicari oleh para pelari, karena bisa menambah motivasi lari (katanya sih). Setelah keluar area Candi, disambut rute jalan raya, disini hampir setiap jalan ada cheering yang tidak pernah putus, baik masyarakat, siswa maupun volunter. Tak lupa Water Station (WS) yang sangat melimpah membuat pelari termanjakan sepanjang perjalanan. Bahkan ada dari salah satu komunitas membuka WS sendiri.
Secara keseluruhan BorMar 2023 sangat rapi dan menarik, semoga bisa ikut (lagi) tahun depan.




Post a Comment

© Blog ANANG. All rights reserved. Premium By Raushan Design