KEMBALI MENULIS DI BLOG TAHUN 2024


Selamat Tahun Baru 2024 saya ucapkan. Awal tahun biasanya penuh dengan semangat, karena adanya resolusi yang akan dibuat. Tahun 2023 kemarin banyak sekali hal yang harusnya bisa ditulis di blog ini, mulai dari keseharian, pekerjaan, maupun hobi baru yang saya tekuni beberapa tahun terakhir, yaitu Lari.

Alasan terbesar mengapa blog pribadi harus kembali populer tahun 2024 ini adalah sederhana, kita semua harus mengendalikan platform kita sendiri. Saya mengutip dari catatan Hakim Monik di https://www.theverge.com/23513418/bring-back-personal-blogging. Disadari atau tidak, kepopuleran video pendek (short video) tidak saja memberikan pengalaman lebih kepada orang-orang, tapi bayaran yang lebih besar dari postingan di Blog.

Selain itu, platform yang paling berisik, Twitter X juga sedang tidak baik-baik saja akhir-akhir ini semenjak punya bos baru. Dua alasan ini bisa sedikit membakar semangat untuk kembali menulis di blog. Dokumen sejarah modern telah mengalami transformasi signifikan dengan masuknya era digital. Sebuah laman terkemuka seperti theverge menyoroti peran penting blog sebagai gambaran sekilas kehidupan seseorang dalam ranah online. Seni mendongeng atau storytelling dalam menulis blog tidak hanya menarik perhatian pembaca, tetapi juga memiliki potensi besar untuk menciptakan dokumen sejarah yang berharga.

Tulisan pribadi di blog tidak hanya sekadar catatan harian; itu adalah sebuah bagian dari sejarah pribadi yang dapat memberikan wawasan mendalam bagi generasi mendatang. Beberapa catatan di blog, saya selipkan video Youtube dengan harapan bisa menjelaskan isi dari blog secara visual. Blog menjadi sumber utama catatan sejarah, menyimpan informasi berharga tentang kehidupan, pemikiran, dan perasaan seseorang. Apa yang kita tulis tentang kisah pribadi kita di blog dapat menjadi warisan berharga yang memberikan pemahaman tentang perkembangan individu dan masyarakat pada suatu waktu. Beberapa saya menulis tutorial maupun share file pekerjaan atau project yang sudah saya kerjakan.

Di era di mana banyak orang cenderung mengekspos versi terburuk dari diri mereka secara online, blog pribadi menjadi sarana untuk memperbaiki pandangan tersebut. Dengan menerapkan moderasi komentar, kita dapat mengontrol narasi dan menciptakan ruang yang positif. Lebih dari itu, menulis di blog pribadi dapat menjadi alat efektif untuk membangun personal branding, memperkuat citra diri, dan merancang kembali persepsi orang terhadap kita.

Meskipun tantangan yang dihadapi tidak dapat diabaikan, kembali menulis di blog pribadi memberikan kesempatan untuk mengeluarkan isi pemikiran. Blog menjadi platform di mana kita dapat berbicara tentang berbagai topik, berbagi pandangan, dan berkomunikasi dengan orang lain. Ini adalah cara termudah dan tercepat untuk menyampaikan ide, mendiskusikan pemikiran, dan menciptakan ruang untuk interaksi positif.

Kita menyadari bahwa memulai kembali menulis di blog pribadi tidak selalu mudah. Namun, dengan tekad dan konsistensi, blog pribadi bisa menjadi medium yang kuat untuk mencerminkan diri kita, mengungkapkan ekspresi, dan menjadikan diri kita bagian dari sejarah digital yang terus berkembang.

https://addicted2success.com/wp-content/uploads/2017/11/10-Part-Action-Plan-for-Writing-Your-Very-First-Book.jpg
https://www.theverge.com/23513418/bring-back-personal-blogging

Post a Comment

© Blog ANANG. All rights reserved. Premium By Raushan Design